Dirgahayu Republik Indonesia Ke-78 Tahun 2023 "Terus Melaju Menuju Indonesia Maju"

Artikel

Rapat Masa Tanam (MT) ke-1

11 Agustus 2023 15:48:17  Admin Kranggan  696 Kali Dibaca  Berita Desa

Pada Kamis, 10 Agustus 2023 pukul 09.00 hingga 11.30 WIB di Gedung Serbaguna Kalurahan Kranggan dilaksanakan rapat masa tanam (MT) ke-1. Acara ini dihadiri oleh perwakilan BPP Galur, Pamong Kalurahan Kranggan, Ketua Cipta Boga se-Kalurahan Kranggan, Ketua Gapoktan Kalurahan Kranggan, Ketua P3A Kalurahan Kranggan, pentraktor, dan perwakilan petani.

Sambutan dari Lurah Kranggan mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran tamu undangan, beliau juga memohon maaf apabila dalam menanggapi kehadiran tamu undangan terdapat banyak kekurangan. Beliau berharap agar kelompok tani dan pentraktor mengelola pentraktoran secara tepat waktu. Dalam hal memusyawarahkan waktu, pengolahan lahan, tebar benih waktu tanam, jenis benih padi agar dimusyawarahkan dengan baik agar nantinya hasilnya bisa meningkatkan pendapatan ataupun kesejahteraan petan.

Sambutan dari Bapak Agus Waluyo (Perwakilan BPP Galur) yaitu MT III kemarin dari Dinas Pertanian memberikan bantuan kedelai sebanyak 8 kelompok tani di Kalurahan Kranggan, dikarenakan sekarang sudah panen maka dari BPP meminta laporan hasil dari penanaman kedelai bantuan tersebut. Pada bulan ini Dinas Pertanian juga memberikan bantuan benih ke 7 kelompok tani di Kalurahan Kranggan, beliau berharap agar bantuan tersebut didistribusikan dengan baik ke anggotanya. Terdapat pula bantuan pupuk organik cair untuk 3 kelompok tani di Kalurahan Kranggan, namun itu bukan serangkaian dengan bantuan benih padi tersebut, bantuan pupuk organik cair diberikan agar ada gerakan penyemprotan masal dengan pupuk cair organik. Beliau mempersilahkan agar nanti dalam menentukan waktu tanggal pengolahan lahan, jenis benih maupun waktu tanam yang sebaik-baiknya. Selain itu untuk pengairan agar nanti setelah ada kesepakatan, debet airnya ditambah.

Sambutan dari Bu Yayun (Perwakilan BPP Galur) yaitu agar yang menerima bantuan benih padi, Nama dan Nomer KKnya dicatat dan tanda tangan serta mengumpulkan Foto Copy KTP karena untuk dokumentasi ataupun bukti bahwa bantuan tersebut telah tersalurkan. Beliau berharap agar benih yang digunakan di MT I yang sudah berlabel/bersertifikat, Ciherang, Supadi, mapan, Inpari 32 dll. Selain itu, diharapkan agar tetap ada pengendalian hama seawal mungkin, dengan menggunakan Obat Agensi Hayati yaitu mulai pesemian umur 10–15 hari, agar di jadwal,  penyemprotan masal BPP Galur siap memberikan Obat Agensi Hayati tersebut. Harapannya pada MT I nanti tidak ada serangan hama wereng Punggung Coklat maupun putih.

Sambutan dari Bapak Sunardi (Korwil SDA Sapon) yaitu beliau menyatakan bahwa dari pengairan siap untuk menyuplai air dengan menambah volume debet air untuk kebutuhan pertanian di wilayah sawah Kalurahan Kranggan khususnya.

Inti acara yaitu bermusyawarah dengan tamu undangan. Bapak Suratman selaku Ketua Gapoktan Kalurahan Kranggan berharap Untuk MT I dalam menentukan pengolahan lahan, penentuan benih, waktu sebar, dan waktu menanam dimusyawarahkan dengan matang, agar nantinya baik untuk semuanya.

Bapak Samidi selaku Ketua P3A Kalurahan Kranggan menjelaskan bahwa pada MT I tahun 2023 ini, di timur wilkel Kidul Kilung ke selatan akan menanam Benih Pejantan dan Betina sekitar 9 Hektar serta akan ada pendampingan dari PPL dari PT. Bisi, akan dibantu pupuk apabila kekurangan pupuk, hasil panenan akan di beli 14.000 / Kg.

Pengolahan lahan / Pentraktoran : Traktor segera akan turun untuk menraktor lahan sawah

Jenis benih : bibit yang sudah berlebel/bersertifikat Chiherang, Supadi, Mapan, Inspari 32 dll.

Tebar benih : mulai tanggal, 20 Agustus 2023 – 05 September 2023.

Masa Tanam : Mulai Tanggal 10 September 2023 s/d selesai

Lain-lain yaitu himbauan agar pentraktor segera menyetor bantuan IPAIR ke Bendahara P3A Kalurahan Kranggan. Acara berjalan dengan lancar dan baik.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Peta Desa

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Sepaten, Kranggan, Galur, Kulon Progo
Kalurahan : KRANGGAN
Kecamatan : GALUR
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55661
Telepon :
Email : pemerintahdesakranggan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:42
    Kemarin:372
    Total Pengunjung:119.764
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.210.99.209
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID