Dirgahayu Republik Indonesia Ke-78 Tahun 2023 "Terus Melaju Menuju Indonesia Maju"

Artikel

Musyawarah Kalurahan Penyusunan RKPKal 2025

19 Juni 2024 11:54:37  Admin Kranggan  134 Kali Dibaca  Berita Desa

Pada Jumat, 14 Juni 2024 pukul 13.00 hingga 17.00 WIB di Gedung Serbaguna Kalurahan Kranggan dilaksanakan Musyawarah Kalurahan Penyusunan RKPKal 2025. Musyawarah Kalurahan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan dalam rangka penyusunan RKPKal 2025. Acara ini dihadiri oleh Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Galur, Penyuluh BPP Galur, PKB Kapanewon Galur, KPKD Kapanewon Galur, Lurah beserta Pamong Kalurahan, Ketua BPK beserta anggotanya, Ketua LKK Kranggan, dan tokoh masyarakat selaku perwakilan dari masing-masing Padukuhan.

Wakil Ketua BPK, Bapak Supardi, S.Pd mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tamu undangan. Beliau menyatakan bahwa Musyawarah Kalurahan dilaksanakan demi kemajuan Kalurahan Kranggan.

Sambutan dari Lurah Kranggan, Bapak Sukriyanta, beliau mempersilahkan untuk memusyawarahkan dan membahas hasil musduk yang kemarin telah dilaksanakan pada 03 - 07 Mei 2024. Beliau mengucapkan selamat kepada warga Kalurahan Kranggan karena telah lunas PBB 100% nomor 1 se-Kabupaten Kulon Progo.

Musyawarah Kalurahan dipimpin oleh Ketua BPK, Bapak Rismanto. Beliau mengapresiasi pembangunan di tahun 2023 yang berjalan lancar dan sesuai koridor yang berlaku. Beliau menyatakan muskal memang acara rutin namun bukanlah seremonial belaka. Hasil muskal kali ini akan digunakan untuk tahun 2025. Pembahasan muskal kali ini berasal dari usulan musduk beberapa waktu yang lalu. Harapannya, usulan-usulan ini dapat terealisasi. Tahun-tahun yang lalu dana dari Kalurahan banyak terserap untuk penanganan covid-19 sehingga dapat dimaklumi jika beberapa kegiatan belum dapat terlaksana.

Membahas satu persatu usulan dari Padukuhan, dimana usulan dari setiap Padukuhan masing-masing sekitar 40 usulan. Setelah membacakan dan membahas satu persatu usulan tersebut, Bapak Rismanto menawarkan kepada tokoh masyarakat perwakilan Padukuhan yang hadir jika ada yang dirubah ataupun ditambah.

Penambahan usulan yang serupa dari Bapak Ngaidi dan Bapak Samidi terkait pelaksanaan pengendalian hama di Kalurahan Kranggan. Berhubung saat pelaksanaan gerdal serentak, tidak semua petani dapat hadir, diharapkan Kalurahan dapat menganggarkan untuk gerdal menggunakan drone.

Setelah itu dilanjutkan dengan pembentukan Tim Verifikasi yang akan bertugas untuk memverifikasi rencana kegiatan dan rencana anggaran biaya dalam rancangan RKPKal 2025. Hasil verifikasi nantinya dituangkan dalam Pemeriksaan Dokumen Gambar Rencana Prasarana dan Rencana Anggaran Biaya. Tim Verifikasi antara lain Ibu Wiwik Sri Minarni, S.P., M.P; Bapak Samidi; Bapak Sandiman dan Ibu Marini.

Informasi dari Ibu Wiwik Sri Minarni, S.P., M.P beliau memohonkan izin Bapak Panewu Galur karena terdapat agenda bersamaan. Pada hari ini muskal sudah selesai dan sudah disepakati tamu undangan. Tim verifikasi juga sudah terbentuk, nantinya akan memverifikasi RAB yang disusun tim RKP sehingga usulan kegiatan tidak hanya berbentuk daftar kegiatan saja namun juga terdapat kebutuhan anggarannya untuk kegiatan tersebut. RKP ini merupakan penjabaran dari RPJM, dimana semua usulan di RKP harus ada di RPJM. Penyusunan RKP mulai bulan Juli dan akan ditetapkan maksimal bulan September. Terkait dengan Musduk dan Muskal, Kranggan sudah sesuai jadwal.

Acara diakhiri dengan penandatanganan berita acara oleh Bapak Rismanto selaku Ketua BPK, Bapak Sukriyanta selaku Lurah Kranggan, dan dari tokoh masyarakat diwakili oleh Bapak Suratman.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Peta Desa

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Sepaten, Kranggan, Galur, Kulon Progo
Kalurahan : KRANGGAN
Kecamatan : GALUR
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55661
Telepon :
Email : pemerintahdesakranggan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:70
    Kemarin:304
    Total Pengunjung:159.707
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.218.117.71
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID