Dirgahayu Republik Indonesia Ke-78 Tahun 2023 "Terus Melaju Menuju Indonesia Maju"

Artikel

Rapat Masa Tanam 1 Tahun 2024

27 Agustus 2024 09:21:39  Admin Kranggan  21 Kali Dibaca  Berita Desa

Pada Senin, 19 Agustus 2024 pukul 09.00 hingga 11.00 WIB di Gedung serbaguna Kalurahan Kranggan dilaksanakan Rapat Masa Tanam (MT) 1 Tahun 2024. Acara ini dihadiri oleh Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Galur, Koordinator BPP Galur beserta staf, Ketua P3A Banaran, Pamong Kalurahan Krangggan, Ketua Cipta Boga se-Kalurahan Kranggan beserta tokoh tani lainnya.

Lurah Kranggan, Bapak Sukriyanta mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tamu undangan yang hadir. Beliau memberi arahan dalam menyambut masa tanam 1 agar mempersiapkan dengan maksimal mulai dari kebersihan irigasinya, pemilihan bibit, sebar-tanam, pengendalian hama penyakitnya, pemupukannya dll agar nantinya berhasil dengan baik agar menjadikan pendapatan petani meningkat. Beliau juga menginformasikan terkait kegiatan Kranggan Gumregah.

Bapak Isman, A.Md selaku Koordinator BPP Galur menginformasikan bahwa di MT III tanam palawija, air dialirkan hanya dalam waktu 3 hari yaitu pada tanggal 15, 16 dan 17 Agustus dikarenakan ada penggarapan proyek renovasi maupun pembuatan bangket irigasi. Pada tanggal 01 September 2024 masuk MT I akan dialirkan teratur. Penerapan Pola Tanam Tata Tanam yaitu Padi, Padi dan Polowijo yaitu untuk mencegah adanya siklus hama penyakit wereng. Untuk bantuan Bibit padi Menor di Galur yaitu Kalurahan Brosot 8 H, Banaran 8 H dan Karangsewu 5 H. Untuk MT I beliau mempersilahkan dalam menentukan Bibit yang akan disepakati, Sebarnya kapan, Tanamnya kapan, Agar segera di garap apabila air sudah dialirkan secara teratur, agar penanaman padi tidak mundur-mundur waktunya. Untuk Penebusan Pupuk di wilayah Galur ada 500-an yang tdak mengambil, dikarenakan petani meninggal, dan sudah tidak menggarap. Untuk Pola Tanam /Tata Tanam agar tetap dipertahankan dengan Legowo jajr 2-1 atau 6-1.  

Ibu Wiwik Sri Minarni, S.P., M.P selaku Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Galur menginformasikan bahwa pada MT I akan diawali pada Bulan September yaitu dengan pengaliran secara teratur pada tgl 1 September 2024 di karenakan ada pembangunan Proyek saluran air di wilayah Galur, Lendah dan Panjatan. Beliau juga menginformasikan pada 30 Agustus 2024 ada pentas MocoPat dan pada 31 Agustus ada Pentas Ketoprak di Pendopo Kapanewon Galur, sekaligus penutupan Acara 17-an HUT RI ke 79.  

Bapak Samidi selaku Ketua P3A Kalurahan Kranggan menyampaikan inti acara.

Jenis benih : Bibit yang sudah berlebel/bersertifikat disepakati seyogyanya menanam benih yang berumur pendek Citubagendit, Inpari 42 yg mau menanam Mapan, Supadi dipersilahkan. 

Tebar benih : mulai tanggal 10-20 Setember 2024 

Masa Tanam : Mulai Tanggal 30 September 2024 s/d tanggal, 10 Oktober 2024

Panen : Diperkirakan Desember 2024               

Bu Yayun (Selaku Petugas Lapangan BPP Galur) menyarankan agar Ada Gerakan pengendalian Hama (Gerdal) dengan Agensi Hayati dari awal di penyemaian untuk pencegahan hama wereng.

Bp Yusa (Selaku Pendamping Kalurahan Kranggan dari BPP Galur) menghimbau penebusan Pupuk jangan mepet-mepet mengatasi pupuk habis, menjadikan pemupukan telat. Untuk 500-an petani yang tidak mengambil pupuk akan dihapus dan apabila ada usulan, akan diusulkan pada tahun berikutnya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Peta Desa

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Sepaten, Kranggan, Galur, Kulon Progo
Kalurahan : KRANGGAN
Kecamatan : GALUR
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55661
Telepon :
Email : pemerintahdesakranggan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:87
    Kemarin:270
    Total Pengunjung:162.992
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.188.181.248
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

Statistik SID