Dirgahayu Republik Indonesia Ke-78 Tahun 2023 "Terus Melaju Menuju Indonesia Maju"

Artikel

Pagelaran Wayang dengan Lakon Pandhawa Kumpul Sebagai Puncak Acara Kegiatan Kranggan Gumregah I

04 September 2024 13:43:52  Admin Kranggan  13 Kali Dibaca  Berita Desa

Sejak sore hari pada Jumat, 30 Agustus 2024, warga Kalurahan Kranggan dan sekitarnya berduyun-duyun menuju Lapangan Kranggan. Tujuan mereka beragam, ada yang ingin menonton wayang, ada pula yang ingin membeli jajanan. Tua muda bahkan anak-anak bersuka cita bermain, jajan, sekaligus menyaksikan hiburan yang ada.

Puncak acara kegiatan Kranggan Gumregah I dimulai pukul 20.00 WIB di Lapangan Kranggan dengan penampilan gejog lesung dari ibu-ibu Padukuhan Kranggan Kidul. Selanjutnya, ibu-ibu dan bapak-bapak dari Padukuhan Kranggan Kulon juga menunjukkan kebolehannya bermain karawitan.

Setelah memberikan sambutan, Lurah Kranggan, Bapak Sukriyanta menyerahkan hadiah PBB kepada Dukuh yang tercepat melakukan pelunasan PBB P-2. Pada Tahun 2024 ini, Kalurahan Kranggan menjadi Kalurahan yang tercepat se-Kabupaten Kulon Progo dalam melunasi PBB P-2.

Peringkat pertama diraih oleh Dukuh Kujon Kidul, Ibu Sri Ismiyati. Peringkat kedua yaitu Dukuh Sepaten, Ibu Elis Rahayu, A.Md. Peringkat ketiga yaitu Dukuh Kujon Lor, Bapak Kasiran. Sedangkan peringkat keempat yaitu Dukuh Kranggan Tengah, Bapak Ngaidi. Pemberian hadiah kepada Dukuh ini sebagai apresiasi atas kinerja mereka dalam menangani PBB P-2.

Lurah Kranggan, Bapak Sukriyanta secara simbolis menyerahkan wayang kepada Dalang Ki Geter Pramuji Widodo sebagai tanda dimulainya pagelaran wayang. Lakon pada pagelaran wayang tersebut yaitu Pandhawa Kumpul, kegiatan pagelaran tersebut juga dimeriahkan oleh bintang tamu Mbah Waluyo dan Suhin. Tamu undangan dan penikmat wayang menyaksikan pagelaran wayang hingga Sabtu, 31 Agustus 2024 pukul 04.00 WIB.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Peta Desa

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Sepaten, Kranggan, Galur, Kulon Progo
Kalurahan : KRANGGAN
Kecamatan : GALUR
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55661
Telepon :
Email : pemerintahdesakranggan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:14
    Kemarin:495
    Total Pengunjung:162.442
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.189.189.126
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID